HARI JADI KE-524 TAHUN KUNINGAN, SANTRI BINAUL UMMAH  MEMERIAHKAN KARNAVAL

Dirgahayu Kuningan ke-524 Tahun, Kuningan Maju Nyungsi Sajati. Kemeriahan hari jadi Kuningan disambut dengan penuh suka cita oleh seluruh masyarakat, kemeriahan karnaval budaya menjadi pusat daya tarik dari berbagai daerah. Masyarakat tumpah ruah menyaksikan, pada Minggu (04/09/2022).

Karnaval menjadi ajang pamer seni budaya dan atraksi yang diikuti 80 rombongan peserta berbusana daerah dan  penampilan spektakuler yang terdiri dari SKPD, Dinas dan Kelurahan, Sekolah, masyarakat umum dan Forkopinda. Kemeriahan karnaval yang sebelumnya ditiadakan terhalang covid-19 selama 2 tahun berturut-turut, kini dapat dirasakan kembali dengan perayaan yang memukau.

Karnaval secara langsung dibuka oleh Bupati Kuningan Bapak H. Acep Purnama, S.H., M.H. yang menjadi rombongan terdepan dengan berjalan kaki menuju panggung utama di Taman Kota Kuningan, bersamaan dengan Wakil Bupati Kuningan Bapak M. Ridho Suganda, S.H., M.Si yang didampingi istrinya. 

Dengan karnaval bertajuk “Merawat Budaya Menuju Kuningan Maju” yang menampilkan keragaman seni dan budaya tanah air, sekitar 120 santri akhwat SMA Pondok Pesantren Binaul Ummah ikut serta dengan penampilan yang dikreasikan berbahan dasar koran, plastik dan kardus yang menjadi berbagai bentuk seperti gaun dan kostum malaikat. 

Dalam kegiatan ini mereka mengusung tema “keberagaman” dengan menunjukkan bahwa menjadi santri, tidak menghalangi mereka untuk berkreasi. 

“meskipun ini pengalaman yang luar biasa bagi BU khususnya unit SMA karena pertama kali ikut karnaval hari jadi Kuningan dengan persiapan yang sangat minim kita kurang dari seminggu tapi qadarallah alhamdulillah ini tentu bukan atas kerja tangan manusia saja tapi berkat atas doa-doa civitas Binaul Ummah” tutur Dadang Setiawan, S.Pd selaku Wakasek Kesiswaan SMA Binaul Ummah.

Ia menambahkan respon santri alhamdulillah antusias dan semangat dengan keberangkatan pukul 11.00 sampai pukul 15.30, serta respon dari masyarakat yang luar biasasehingga  bisa mengenal bahwa di Kuningan itu ada Pondok Pesantren yang bernama Binaul Ummah. 

Pondok Pesantren Binaul Ummah Kuningan merupakan lembaga berbasis islam yang  berlokasi di Kelurahan Cipari – Kecamatan Cigugur, yang menyelenggarakan pendidikan mulai dari jenjang RA, MDTA, SDIT, SMP, SMA dan SMKIT. Selain itu dibawah naungan Yayasan Pondok Pesantren Binaul Ummah Kuningan, lembaga juga memiliki Klinik Pratama Syifaul Ummah dan Koperasi. Serta dengan keberadaannya di lingkungan mayoritas penduduknya adalah peternak sapi perah, kini lembaga pun mulai merintis sebuah usaha sapi perah yang dimilikinya. (DS)

1 thought on “Karnaval Budaya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *